300x250 AD TOP

Blogroll

Minggu, 13 November 2011

Tagged under:

Mengamati Burung Cerdas

foto : infobarel.com

Oleh Henry Gunawan
Untuk membedakan burung yang "cerdas", setiap orang ada cara2 nya sendiri, karena strainnya mungkin beda, kebiasaan merawat burungnya juga beda. Katakan saja, ada dua orang memelihara strain yang sama, tetapi cara merawat burungnya beda, akibatnya kebiasaan burung2 dikandangnya masing2 akan berbeda juganya. Bisa saja yang satu kandang burungnya jadi sedikit liar dan takut orang sedangkan yang satu lagi burungnya jinak dan tidak begitu takut orang. Dengan demikian sulit untuk menentukan cara yang terbaik untuk menemukan burung "cerdas".
Jika bener2 ada cara yang bisa menemukan burung cerdas, permainan merpati pos sudah tentu tidak seru lagi.
Yang PASTI yaitu diterbangkan atau dilombakan. 
Memang ada pengecualian, dikalangan merpati pos ada beberapa orang yang sangat terkenal dan bisa mengetahui burung2 yang cerdas atau bagus. Tapi mereka juga sulit untuk mengajarkan ilmunya kepada orang lain, mungkin ini adalah bakat / talenta orang tersebut. Ia bisa tahu burung itu bagus untuk bibit atau untuk terbang, tetapi tetap saja sulit menjelaskan kepada orang2 lain.
Ada juga orang yang bisa tahu burung cerdas, itupun hanya terbatas pada burung2nya sendiri, karena sudah terbiasa mengetahui sifat2 dan keturunan dari mana dan ada ciri2 apa pada burungnya.
Saya kira2 bisa tahu burung2 sendiri mana yang bagus, tetapi itupun sering meleset. Yang dijagokan tetap saja bisa hilang. 
Cara memilih burung cerdas dikandang sendiri, saya lebih suka melihat penampilan / tongkrongan burung itu sendiri. Seperti Cara berdirinya tegak, lehernya juga selalu tegak pula, selalu waspada, tetapi bukan berarti takut dengan majikannya, Bulu dan kakinya juga selalu bersih. Setelah itu baru melihat keturunannya.
Ada juga yang suka / pinter salip keluar dari kandang, ini sudah terbukti burungnya cerdas. Thn 2006 yang juara angka tinggi Derby sejak kecil sering slip keluar kandang, hanya dia saja yg bisa waktu itu. Anaknya juga juara 2 Lombok thn 2007 dan Juara 2 angka tinggi 2007. Sekarang ada 1 ekor cucunya juga pinter slip keluar kandang, tinggal nanti melihat hasil lombanya apakah bisa tetap bisa sebaik kakeknya.
Ada lagi yg selalu no. 1 keluar kandang. Si Top Gun, jagoan saya thn 2004 dan 2005, Tiap pagi waktu saya mau membuka pintu kandang, ia pasti yang pertama mendekati pintu, begitu pintu terbuka, selalu dia lah yang pertama mengudara. 
Kita bisa mengetahui burung itu cerdas kebanyakan dari pengalaman sehari hari dikandang sendiri, kalo mau menilai burung kita cerdas atau tidak masih ada kemungkinan, tetapi untuk menilai burung orang lain tentu lebih sulit. Contoh saja ke 2 burung yang saya sebutkan diatas, sebelum mereka lomba mana bisa tahu kalo mereka itu hebat ???? Setelah terbukti ke 2 burung itu prestasinya sangat baik, baru bisa saya menghubungi kebiasaan sehari hari burung itu sebagai tanda tanda burung sangat CERDAS.

0 komentar:

Posting Komentar