300x250 AD TOP

Blogroll

Minggu, 13 November 2011

Tagged under:

Sedikit info untuk pecinta merpati pos

 

 Foto : Koleksi  FNG Racing Pigeon Farm

By Bangkit Putra Pamungkas in NEW PosMania Indonesia

Kutipan dari tulisan Pak Setiyono

Pemeliharaan

Untuk memelihara Merpati Pos harus mempunyai ketelatenan lebih dibandingkan memelihara merpati biasa karena syarat mutlaknya kita harus membelinya sejak burung tersebut masih anakan (Piyek) karena bila telah dewasa burung Merpati pos tersebut akan kembali kepemiliknya yang lama sewaktu dia kecil dulu. Nah dengan kita memelihara sejak kecil tersebut maka Si Merpati Pos tersebut seteah dewasa nanti akan Menganggap Rumah Kita sebagai tempat tinggalnya sehingga kemanapun dan dari jarak berapapun dilepaskan dia akan kembali pulang kerumah kita. Dengan pelatihan yang cukup, makanan juga vitamin yang mendukung akan menjadikan merpati pos selalu vit untuk terbang jauh. Karena ibarat Pelari dia tentu membutuhkan setamina yang selalu prima yang dihasilkan dari makanan juga vitamin vitamin tadi.

Bentuk

Merpati pos dilihat dari bentuknya memang memiliki ciri fisik yang sangat menonjol seperti bentuk tubuh yang lebih besar, hidung besar kaki kaki yang kokoh juga sayap sayap yang kuat dan bertenaga, Merpati Pos terbang tidak terlalu tinggi namun tenaganya sangat prima, dan menjadikan merpati pos sebagai Rajanya Pengembara .

Makanan

Makanan untuk Merpati Pos yang sedang dilatih terdiri dari biji bijian seperti Jagung, kacang hijau dapat juga diberi Beras merah yang memiliki kadar protein tinggi, tak ketinggalan juga dengan beberapa vitamin pendukung juga masih ditambah dengan minyak ikan. Untuk beberapa Hobies ada juga yang menambahkan ramuan Jamu Tradisional jawa yang dicampur dengan madu juga kuning telur ayam kampung/bebek.
Dengan tercukupinya makanan dan vitamin diatas akan menjadikan merpati sehat dan lebih mudah dilatih, hal hal yang perlu di tanamkan pada Merpati Pos ialah :

  1. Kemampuat Merpati Pos untuk pidah dari satu tempat ketempat lain
  2. Mampu mengirim dan megembalikan pesan
  3. Mampu mengerti perintah seseorang
Biasanya dalam setiap pasang indukan merpati pos akan bertelur sebanyak 2 butir yang akan dia engrami antara 15-17hari. Anakan (Piyik) Merpati pos dalam usia 40 hari sudah bisa terbang dalam jarak pendek dan untuk pelatihan yang maksimal dimulai saat Merpati Pos tersebut berusia sekitar 7bulan.

Kembli ke sejarah ya dahulu jauh sebelum telegram dan telepon ada, burung Merpati Pos adalah sarana penghubung karajaan kerajaan kuno yang kemudian berlanjut pada perang Dunia Pertama yang berjasa telah menyampaikan berita penting tanpa bisa disadap oleh lawan, tentu hal ini karena daya jelajah merpati pos yang sulit ditebak dengan kecepatan antara 40-50mil perjam, bahkan beberapa merpati mampu terbang sejauh 60mil dalam sehari. Namun kini fungsi penyampaian surat telah digantikan oleh pos dan berlanjut dengan adanya sarana telekomunikasi canggih lainnya seperti telepon, ponsel dan akhirnya internet.
Namun walaupun fungsi pokok menyampaikan suat telah berakhir masa keemasannya seakan tidak pernah surut hingga pada Negara Negara tertentu seperti Jerman, Polandia dan sebagian Negara barat lainnya masih dapat dijumpai banyak klub klub olah raga merpati Pos karena saat ini merpati pos di gunakan untuk perlombaan Penjelajah.

0 komentar:

Posting Komentar